Bisnis Sampingan Cuci Sepeda Motor dan Mobil

Bila Anda memilik halaman rumah yang cukup luas apalagi terletak di pinggir jalan, cobalah membuka usaha sampingan cuci sepeda motor dan mobil. Eit, jangan Anda anggap remeh usaha ini lho ya, karena bukan tidak mungkin usaha ini akan membuat Anda kaya raya dan mendapat penghasilan yang besar. Mengutip dari buku “25 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan” karya Dyna Novitasari, inilah cara bagaimana membuka usaha cuci sepeda motor dan mobil:

– Pilihan waktu usaha: setiap hari, setiap saat.

– Potensi Komersial: Mencuci mobil dan atau sepeda motor saat ini merupakan kegiatan yang jarang dilakukan oleh pemiliknya. Banyak hal mengapa kegiatan ini jarang dilakukan. Sebagian besar orang mengaku memiliki sedikit waktu luang untuk melakukan pekerjaan ini, selain itu memang mencuci kendaraan sendiri tidak menjamin kebersihan kendaraan karena banyak sudut yang tidak terjangkau.

Mencuci mobil atau sepeda motor bagi sebagian orang sangat merepotkan. Hal ini menjadi kesempatan Anda untuk menawarkan jasa cuci kendaraan bermotor mereka dan menjadikannya sebuah peluang usaha. Modal yang sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadikan ini sebagai bisnis sampingan Anda.

Persyaratan yang diperlukan

Untik membuka bisnis ini dibutuhkan tempat, paling tidak cukup untuk sebuah mobil dan beberapa sepeda motor. Juga Anda harus persiapkan peralatan pendukung, seperti hidrolik mobil dan motor, kompresor, dan kain lap, selang air, dan lain-lain. Keahlian untuk mengejarkan usaha ini tidal terlalu tinggi, yang penting pekerja harus ulet dan mau bekerja keras.

Lebih detail, Anda menbutuhkan beberapa hal antara lain:

  1. Pilihlah lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk. Pilihlah tempat dengan luas minimal 12 meter persegi untuk 2-3 motor.
  2. Pilihlah tenaga kerja yang mau bekerja keras dan tidak malas. Setelah Anda mendapatkan tenaga kerja, Anda perlu mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersiham dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Anda bisa memberikan pilihan untuk gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang agar mereka giat bekerja dan mengurangi risiko jika jumlah konsumen sedikit. Jangan lupa untuk melatih tenaga kerja tersebut cara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
  3. Tentukan harga cuci sepeda motor. Biasanya harga berkisar Rp4.500 sampai Rp6.000. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang Anda tawarkan, misalnya tambahan menyemir ban.

Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji, pegawai, iuran warga) dan pemasukan. Berikan kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda. Sebagai tambahan pelayanan konsumn, sediakanlah bahan bacaam berupa koran atau majalah agar konsumen tidak jenuh pada saat menunggu motornya dicuci.

– Sosialisasi

Kunci sukses usaha ini adalah hasil pencucian. Bila pemilik kendaraan bermotor mendapatkan kepuasan maka mereka akan kembali lagi untuk menggunakan jasa Anda. Kualitas keberhasilan hasil cucian Anda akan menjadi pertimbangan utama baginpara pelanggan, maka dari itu alat pendukung, seperti hidrolik mobil atau motor harus yang lebih bagus. Jika kualitas kebersihannya dinilai kurang memuaskan, maka mereka bisa mencari alternatif lain. Dan jika memang memuaskan maka mereka akan terus menggunakan jasa Anda dan bahkan memromosikannya ke rekan-rekannya. Target pasar di sini adalah semua pemilik kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, khususnya yang tinggal di sekitar tempat tinggal Anda. Tidak ada salahnya Anda memasang papan nama usaha cuci sepeda motor dan mobil yang Anda jalankan.

Pasokan (supply)

Untuk mengembangkan usaha, Anda bisa memberikan penghargaan kepada konsumen dan dalam rangka menarik pelanggam lebih banyak lagi, Anda bisa memberi bonus/hadiah, seperti telah sepuluh kali cuci, akan mendapatkan gratis sekali cuci. Hal ini bisa Anda tempuh dengan memberikan semacam tanda terima khusus sebagai bukti.

Sebagai pasokan, jika Anda ingin usaha ini berkembang besar, Anda bisa melirik bisnis lain yang bisa Anda jadikan satu di bisnis cuci motor ini, tentunya yang masih sejalan. Di antaranya adalah menjual peralatan mencuci motor, seperti helm, sabun, aksesori, helm, stiker, dan lampu spion, jasa ganti oli, dan perawatan motor.

Dana yang dihasilkan dari usaha ini, ada baiknya Anda lakukan investasi pada investasi online yang merupakan cara cepat dapat duit di jaman sekarang ini. Semakin banyak Anda melakukan investasi semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Meta Data

Title: Bisnis Sampingan Cuci Sepeda Motor dan Mobil
Date Posted: 11/10/2016
Posted By:
Category: Change your mind